Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji Berbeda Jenis

Diposting pada

Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji – Jambu biji atau nama latinnya adalah Psidium guajava awal mulanya berasal dari brazil dan masuk ke Indonesia melalui negara Thailand. Buah jambu biji rata-rata memiliki warna kulit buah hijau sedangkan untuk daging buanya ada yang berwarna putih juga ada yang berwarna merah dengan rasa asam-manis. Buah jambu biji di kenal banyak sekali mengandung vitamin C. Buah ini juga banyak mengandung serat yang kaya akan vitamin sangat baik sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu jambu biji juga banyak mengandung vitamin A yang dapat digunakan untuk antioksidan dan juga dapat digunakan untuk kesehatan mata.

Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan obat tradisional dan sudah dari dulu untuk daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati diare. Untuk jenis jambu biji banyak sekali macamnya antara lain yakni jambu kristal, jambu Bangkok, jambu mega merah, jambu sukun, jambu Australia, jambu biji getas merah dan masih banyak sekali jenis jambu biji lainnya. Jambu biji dapat dikembangbiakkan dengan biji, namun jika tanaman jambu dari biji biasanya untuk hasilnya akan berbeda dari induknya. Nah oleh karena itu biasanya untuk memperbanyak tanaman jambu biji bisa menggunakan cara cangkok, sambung dan okulasi.

Nah kali ini kami akan mencoba praktek cara mengkombinasikan jambu biji kristal dengan jambu biji mega merah dengan cara okulasi tempel mata tunas. Jika pada okulasi pada umumnya dilakukan pada bibit tanaman jambu namun kali ini kami lakukan pada tanaman jambu yang telah berhasil tumbuh dengan perakaran yang kuat, tujuan kami membuat ini untuk membuktikan bahwa dalam satu pohon jambu biji dapat dikombinasikan dengan jenis jambu biji lainnya. Sedikit tips kami untuk melakukan okulasi ini agar berhasil, jika batang telah anda sayat jangan sampai sayatan anda sentuh dengan tangan karena akan menyebabkan Kambium kering, sehingga okulasi pun biasanya gagal. Kemudian factor lainnya yang menyebabkan kegagalan dalam okulasi biasanya dari faktor entresnya, usahakan entres setelah anda sayat jangan sampai menyentuh tangan pada bagian yang anda sayat.

Langkah-Langkah Cara Okulasi Tanaman Jambu Biji

Berikut ini langkah-langkah untuk okulasi tanaman jambu biji yaitu

  1. Siapkan entres yang ingin anda tempel, usahakan dalam pemilihan entres benar-benar dipilih dari entres tanaman yang berkualitas dan telah menghasilkan buah.
  2. Sayat batang utama dengan pisau okulasi sesuai keinginan anda.
  3. Sayat entres mata tunas yang sudah anda siapkan dan ukuran sayatan disesuaikan dengan ukuran batang utama yang telah anda sayat.
  4. Entres anda tempelkan setelah terlihat cukup pas, kemudian anda ikat, dalam pengikatan harus diperhatikan jangan sampai ikatan terlalu kencang dan juga jangan sampai terlalu longgar.
  5. Tunggulah sekitar 3 minggunan biasanya sudah akan terlihat hasil tidaknya okulasi jambu biji ini.

Video Cara Okulasi Tamaman Jambu Biji Berbeda Jenis

Bagi anda yang masih kurang paham dengan penjelasan yang kami tulis diatas silahkan tonton video cara okulasi tanaman jambu biji ini agar anda dapat sedikit gambaran bagaimana cara prakteknya, simak dari awal hingga akhir ya!!

Demikianlah sedikit pembahasan kami tentang cara cara okulasi jambu kristal yang kami kombinasikan dengan jenis jambu mega merah mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan sedikit tambahan ilmu bagi anda. Jika anda saran maupun kritik anda yang sifatnya membangun silahkan tambahkan saran anda di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk selalu ikuti channel kami berkebun buah dengan cara Subscribe agar setiap kami update video terbaru anda akan selalu mendapatkan informasi yang kami share. Untuk konsultasi bisa menghubungi kontak kami di nomor Telp./Wa. 085780325032 sampai berjumpa lagi di pembahasan kami lainnya salam dari kami Team Berkebun Buah.